Advertisement

Gloomy Sunday

Gloomy Sunday Misteri di Balik Lagu' Gloomy Sunday'

Musik itu tidak ada matinya untuk dibahas, akan terus berkembang mulai dari genre, penyanyi dan bahkan makna yang terkandung dalam lagu mulai banyak bervariasi. Tapi, tahukah kalian bahwa ada lagu yang kononnya memiliki kutukan untuk para pendengarnya?

Gloomy Sunday yang dibawakan oleh Billie Holiday sering disebut sebagai kutukan untuk para pendengarnya. Lagu sedih dengan komposisi musik unik yang populer di era 1940-an ini konon menyimpan banyak kisah seram yang sering dihubungkan dengan kutukan.

Mari bahas tentang sejarah dan cerita dibalik terciptanya lagu "Gloomy Sunday." Gloomy Sunday adalah sebuah lagu yang ditulis Rezso Seress, pianis dan komposer asal Hungaria pada tahun 1932. Lagu sedih ini ditulis berbahasa Hungaria dan berjudul Vége a világnak yang artinya adalah dunia sedang berakhir. Gloomy Sunday berkisah tentang kesedihan dan kehancuran dunia akibat perang. Namun, seorang penulis puisi bernama Laszlo Javor membuat lirik versinya sendiri untuk lagu tersebut, berjudul Szomorú vasárnap atau Sabtu Sedih. Versi ini menceritakan keinginan bunuh diri setelah kekasihnya meninggal. Menariknya, lirik milik Javor lebih populer dibandingkan versi sebelumnya. Tetapi, tak lama setelah Javor menyelesaikan penulisan liriknya, ia meninggal akibat bunuh diri.

Mulai dari situ kabar yang menyebut lagu Gloomy Sunday sebagai kutukan dimulai. Sejak saat itu, banyak kejadian bunuh diri yang terjadi akibat mendengarkan lagu Gloomy Sunday. Seorang pegawai negeri Hungaria mengakhiri hidupnya dengan menembak diri sendiri. Seramnya, mayatnya ditemukan di atas salinan lirik lagu Gloomy Sunday. Kasus bunuh diri lain terjadi saat seorang gadis nekat meminum racun ketika mendengarkan lagu tersebut. Ada pula seorang pemuda yang menembak dirinya setelah grup musik yang ada di restoran Budapest menyanyikan lagu Gloomy Sunday.

Gloomy Sunday enggak hanya menelan tiga nyawa, tapi hampir 200 nyawa yang disebabkan kasus bunuh diri di berbagai negara. Akibatnya, banyak negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat, yang melarang lagu tersebut diputar. Salah satu yang turut melarang-tayang lagu ini adalah BBC. BBC melarang diputarkan Gloomy Sunday versi rekaman Billie Holiday, sedangkan untuk pertunjukan live masih diperbolehkan, Pelarangan baru dihapus pada 2002. Namun, lagu ini dinyanyikan kembali oleh Billie Holiday dan menjadi hits sehingga banyak diputar di radio. Parahnya, angka bunuh diri meningkat pesat ketika lagu ini diputar kembali.

Gloomy Sunday
Billie Holiday
Sunday is gloomy
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coach
Of sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Would they be angry
If I thought of joining you
Gloomy Sunday
Gloomy is Sunday
With shadows I spend it all
My heart and I
Have decided to end it all
Soon there'll be candles
And prayers that are said I know
Let them not weep
Let them know that I'm glad to go
Death is no dream
For in death I'm caressin' you
With the last breath of my soul
I'll be blessin' you
Gloomy Sunday
Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin' you
How much I wanted you
Gloomy Sunday

Sunday

Post a Comment

0 Comments